Pages

Selasa, 16 September 2014

Budaya Indonesia


Apa itu budaya Indonesia? Pasti kalian tau apa itu budaya Indonesia. Ya, benar!
Budaya Indonesia adalah seluruh kebudayaan nasional, lokal, maupun asing yang telah ada di Indonesia sebelum Indonesia merdeka pada tahun 1945. Yang telah menjadi kegiatan atau kebiasaan masyarakat sejak dahulu kala. Yang dilakukan secara turun-temurun. Jika ditinjau dari bahasa sansekerta, kebudayaan berasal dari kata "Buddhayah"
yang merupakan bentuk jamak dari kata "Buddhi" yang memiliki arti budi dan akal. Kamus Besar Bahasa Indonesia mengartikan kebudayaan sebagai hasil kegiatan daan penciptaan batin (akal budaya) manusia seperti kepercayaan, kesenian, dan adat-istiadat.

Bangsa Indonesia yang memiliki banyak suku yang berbeda, membuat bangsa Indonesia memiliki budaya daerah bermacam-macam yang memiliki ciri khas masing-masing tiap daerahnya. Kebudayaan Indonesia berdasarkan jenis dan beberapa contohnya:

1. Rumah Adat
    Rumah adat adalah bangunan yang memiliki ciri khas khusus, digunakan untuk tempat tinggal oleh suatu suku bangsa tertentu. Rumah adat merupakan salah satu representasi kebudayaan yang paling tinggi dalam sebuah suku atau masyarakat.


   Rumah-rumah adat di Indonesia memiliki bentuk dan arsitektur masing-masing daerah sesuai dengan budaya adat lokal. Rumah adat pada umumnya dihiasi ukiran-ukiran indah, pada jaman dulu, rumah adat yang tampak paling indah biasa dimiliki para keluarga kerajaan atau ketua adat setempat menggunakan kayu-kayu pilihan dan pengerjaannya dilakukan secara tradisional melibatkan tenaga ahli dibidangnya, Banyak rumah-rumah adat yang saat ini masih berdiri kokoh dan sengaja dipertahankan dan dilestarikan sebagai simbol budaya Indonesia.
 

2. Pakaiann Adat  
   Pakaian Adat Tradisional Indonesia merupakan salah satu kekayaan budaya yang dimiliki oleh negara Indonesia. Dengan banyaknya suku-suku dan provinsi yang ada di wilayah negara Indonesia, maka otomatis pula banyak sekali macam-macam baju addat yang dipakai oleh masing-masing suku di seluruh provinsi Indonesia. Serta memiliki ciri-ciri khusus dalam pembuatan ataupun dalam mengenakan Pakaian Adat tersebut.
 Pakaian adat atau yang biasa disebut pakaian tradisional dari masing-masing provinsi ini memiliki suatu cerita masing-masing, namun disini saya hanya akan memberikan beberapa contoh saja.



3. Upacara Adat
  Upacara adat merupakan suatu bentuk tradisi yang bersifat turun-temurun yang dilaksanakan secara teratur dan tertib menurut adat kebiasaan masyarakat dalam bentuk suatu rangkaian aktivitas permohonan sebagai ungkapan rasa terima kasih. Selain itu, upacara adat merupakan perwujudan dari sistem kepercayaan masyarakat yang mempunyai nilai-nilai universal, bernilai sakral, suci, relijius, dilakukan secara turun-temurun serta menjadi kekayaan kebudayaan nasional.
Unsur-unsur dalam upacara adat meliputi: tempat upacara, waktu pelaksanaan, benda-benda/peralatan dan pelaku upacara yang meliputi pemimpin dan peserta upacara.  
    Contohnya: Dugderan Jogja. Kasodo, Tengger. Ngaben Bali. Tabuik.




4. Tarian


  Tarian Indonesia mencerminkan kekayaan dan keanekaragaman suku bangsa dan budaya Indonesia. Terdapat lebih dari 700 suku bangsa di Indonesia: dapat terlihat dari akar budaya bangsa Austronesia dan Melanesia, dipengaruhi oleh berbagai budaya dari negeri tetangga di Asia bahkan pengaruh barat yang diserap melalui kolonialisasi. Setiap suku bangsa di Indonesia memiliki berbagai tarian khasnya sendiri; Di Indonesia terdapat lebih dari 3000 tarian asli Indonesia. Tradisi kuno tarian dan drama dilestarikan di berbagai sanggar dan sekolah seni tari yang dilindungi oleh pihak keraton atau akademi seni yang dijalankan pemerintah.


  Untuk keperluan penggolongan, seni tari di Indonesia dapat digolongkan ke dalam berbagai kategori. Dalam kategori sejarah, seni tari Indonesia dapat dibagi ke dalam tiga era: era kesukuan prasejarah, era Hindu-Buddha, dan era Islam. Berdasarkan pelindung dan pendukungnya, dapat terbagi dalam dua kelompok, tari keraton (tari istana) yang didukung kaum bangsawan, dan tari rakyat yang tumbuh dari rakyat kebanyakan. Berdasarkan tradisinya, tarian Indonesia dibagi dalam dua kelompok; tari tradisional dan tari kontemporer



5. Lagu


  Lagu daerah atau musik daerah atau lagu kedaerahan, adalah lagu atau musik yang berasal dari suatu daerah tertentu dan menjadi populer dinyanyikan baik oleh rakyat daerah tersebut maupun rakyat lainnya. Pada umumnya pencipta lagu daerah ini tidak diketahui lagi alias noname.


 Lagu kedaerahan mirip dengan lagu kebangsaan, namun statusnya hanya bersifat kedaerahan saja. Lagu kedaerahan biasanya memiliki lirik sesuai dengan bahasa daerahnya masing-masing seperti Manuk Dadali dari Jawa Barat dan Rasa Sayange dari Maluku.


 Selain lagu daerah, Indonesia juga memiliki beberapa lagu nasional (kebangsaan) atau lagu patriotik yang dijadikan sebagai lagu penyemangat bagi para pejuang pada masa perang kemerdekaan.


 Perbedaan antara lagu kebangsaan dengan lagu patriotik adalah bahwa lagu kebangsaan ditetapkan secara resmi menjadi simbol suatu bangsa. Selain itu, lagu kebangsaan biasanya merupakan satu-satunya lagu resmi suatu negara atau daerah yang menjadi ciri khasnya. Lagu Kebangsaan Indonesia adalah Indonesia Raya yang diciptakan oleh Wage Rudolf Soepratman.



6. Musik


 Identitas musik Indonesia mulai terbentuk ketika budaya Zaman Perunggu bermigrasi ke Nusantara pada abad ketiga dan kedua Sebelum Masehi. Musik-musik suku tradisional Indonesia umumnya menggunakan instrumen perkusi, terutama gendang dan gong. Beberapa berkembang menjadi musik yang rumit dan berbeda-beda, seperti alat musik petik sasando dari Pulau Rote, angklung dari Jawa Barat, dan musik orkestra gamelan yang kompleks dari Jawa dan Bali


Musik di Indonesia sangat beragam dikarenakan oleh suku-suku di Indonesia yang bermacam-macam, sehingga boleh dikatakan seluruh 17.508 pulaunya memiliki budaya dan seninya sendiri. Indonesia memiliki ribuan jenis musik, kadang-kadang diikuti dengan tarian dan pentas. Musik tradisional yang paling banyak digemari adalah gamelan, angklung dan keroncong, sementara musik modern adalah pop dan dangdut.






7. Seni Gambar


Seni gambar disini adalah hasil karya yang menghasilkan seni yang mengandung estetika. Dalam budaya Indonesia ini yang termasuk seni gambar adalah wayang.




8. Seni Patung


Karya seni patung termasuk dalam seni rupa yang bisasnya dipahat, dibentuk dengan tanah liat atau dicetak, dan ada juga yang di cor. Setiap negara bahkan suku diberbagai daerah memiliki ciri khas masing-masing dalam membuat atau menciptakan patung.  Ada dalam membuat seni patung dengan tujuan simbol suatu negara, atau daerah. Seperti patung asmat di asmat, atau patung garuda wisnu kencana yang ada di Bali. Patung yang sangat terkenal dan memiliki tujuan tertentu. Memiliki maksud tertentu dalam pembuatannya, dan patung yang bisa memberikan budaya bagi Indonesia. Contoh patung GWK dan Asmat.






9. Seni Suara


  Seni suara sama dengan bunyi-bunyian, musik dan nyanyian yang memiliki maksud senagian dari budaya hidup manusia. Pada umumnyaseni suara bertujuan mendapat hiburan. Hiburan yang dapat menghibur jiwa manusia. Yang termasuk seni suara dalam budaya Indonesia adalah Sinden yang berasal dari jawa. 



10. Makanan


  Masakan Indonesia merupakan cerminan dari beragam budaya di Indonesia dan kepulauan Nusantaa yangterdirri dari 6000 pulau yang memegang peran penting dalam budaya nasional Indonesia secara umum. Masakan Indonesia memakai bumbu dari rempah dengan menggunakan teknik menurut bahan dan tradisi adat.
Pada dasarnya tidak ada satu bentuk tunggal "masakan Indonesia", tetapi lebih kepada, keanekaragaman masakan regional yang dipengaruhi secara lokal oleh Kebudayaan Indonesia serta pengaruh asing. Sebagai contoh, beras yang diolah menjadi nasi putih, ketupat atau lontong (beras yang dikukus) sebagai makanan pokok bagi mayoritas penduduk Indonesia namum untuk bagian timur lebih umum dipergunakan juga jagung, sagu, singkong, dan ubi jalar. Bentuk lanskap penyajiannya umumnya disajikan di sebagian besar makanan Indonesia berupa makanan pokok dengan lauk-pauk berupa daging, ikan atau sayur disisi piring. Contohnya makanan khas Indonesia: soto lamongan, rendang, sate, dll 



Sumber: Ini yang pertama, dan lain-lain.

3 komentar: